(MASIH) BELAJAR JUALAN

Saya sudah pernah cerita kan kalau dari 2014 lalu belajar jualan. Mulai buka lowprices @tokopedia , jualan sarung bantal kursi. Yang mana dari buka sampai awal tahun 2015 baru kejual 36 pcs.Hehe.
Eh tapi saya menganggap itu sebuah pencapaian loh. Pertama karena dengan adanya Lowprices merupakan satu langkah maju dari cita-cita saya saat ini yakni bisa menghasilkan uang dari rumah.
Kedua, dengan adanya Lowprices saya dapat banyak pengalaman dan pembelajaran baru. Antara lain tentang bagaimana menentukan harga jual, survey competitor (meski dalam tahap yang paling sederhana), cara packing, cara melayani.
Nah kisaran Februari atau Maret lalu, pas jam kantor piko telp saya. Memberitahu bahwa dia mentransfer sejumlah uang ke rekening saya. Saya sedikit kaget melihat jumlah yang ia transfer, LUMAYAN. Begitu ditanya untuk apa, dia bilang pakai saja untuk kamu belajar.Wow…kaget dan terharu . Kaget karena jumlah uangnya ( hehe. Yang ini agak lebay sih,karena mungkin bagi sebagian orang jumlah ini sedikit) dan terharu karena ternyata dia diam-diam memperhatikan usaha saya.
Merasa mendapat kepercayaan dan amanat saya langsung berpikir keras. Waduh bikin apa ya..saya harus bisa menggunakan modal ini sebaik-baiknya.
Akhirnya setelah cari ilham sana sini saya memutuskan untuk membuat line tas sendiri. Yang ada dalam pikiran saya adalah membuat produk tas untuk anak – anak dengan konsep edukatif.
Karena masih tercatat sebagai pekerja luar rumah, saya tidak bisa leluasa hunting konveksi tas ataupun mendatangi pameran- pameran industri kreatif. Modal saya cuma internet dan kasak – kusuk ke teman- teman.
Sempat hopeless karena diawal masa pencarian konveksi, tidak ada yang mau terima pesanan qty sedikit.Umumnya minimal 50 pcs. Sebagai pemula dengan modal terbatas MOQ seperti ini sungguh memberatkan. Sampai akhirnya melalui internet juga akhirnya saya dapat konveksi tas yang melayani boleh dibilang tanpa minimum order.
Konveksi sudah dapat , tahapan berikutnya adalah memikirkan design. Weew.. sebagai orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang desain dan minim nilai artistic tahapan ini sulit binggo. Lembur bikin design sampai tengah malam dengan kondisi rumah yang ngga ada pembantu itu..pejuangan yang menguras tenaga tapi syukurnya mengasikkan.
Design ( seadanya dan semampu saya ) sudah jadi, Pesan deh ke si pengrajin tas.kurang lebih sebulan menunggu (pake bawel ), akhirnya sample yang saya pesan jadi. Lumayan! Begitu saya melihat kualitas sample tasnya, jahitannya rapi, Bahan jg oke.
Sempat kasih lihat ke beberapa orang teman, untuk tes pasar dan meminta masukan. Alhamdulillah semuanya bernada positif.
Insya Allah,siap Untuk Mass Produce. Aura, El doain miko ya. Semoga dimudahkan,Bismillah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s