Bila telinga kemasukan serangga

Ada yang pernah ngalamin telinganya kemasukan serangga?

Saya pernah! Dua kali.Yang pertama ketika masih SD. Waktu itu saya sedang bersepeda hendak berangkat sekolah, tiba tiba saja telingga saya berkurang pendengarannya ( seperti ketika kita sedang menyelam). Sampai ketika jam istirahat, saya dan teman teman bermain pistol air yang kebetulan saat itu tembakannya mengenai sisi kuping saya. Lalu tiba – tiba keluar laba – laba berukuran cukup besar. Weleh weleh dikira gua apa ya kuping saya.

Nah beberapa waktu lalu ketika lagi asyik browsing tiba – tiba telingga saya terasa gatal dan terdengar suara kresek – kresek. Eng ing eng kejadian lagi niiih… Mana piko lagi beli jajanan ke luar sama kakak. Segera saja saya panggil si teteh di lantai atas dengan nada cemas ala sinetron.

Teteh yang udah kriyep – kriyep matanya turun dan nyamperin saya.

Trus ada adegan gini…:

Saya : ” Aduuuh teh tolongin saya…” ( setengah mewek)

Teteh : ” Tolong apa bu?” ucek ucek mata

Saya : Grasak – grusuk cari cottonbud sama senter. Mana senternya mati lagi… Langsung grasak grusuk cari batre…Pas dipasang batre baru oalahhhh ternyata senternya yang rusak. Buru – buru ambil lampu emergensi.

Pas dikasih ke si teteh…

Teteh : ” ibu kenapa siiiih?’ pake muka flat

Saya : ” Ini kuping saya kemasukan binatang….” (sambil masih megang lampu emergensi) ” Tolong kamu liatin… trus diapain yaaa… Aduuuh saya bingung ini kalau dikorek pake cotton bud takutnya malah tambah dalam lagi tuh binatang.”

Teteh : (muka santai banget).”Oooh kemasukan semut” ( ngga mau nerima lampu emergensi dari saya)

Saya : ” Bukan teh…. suaranya gede banget.. ini mah bukan semut”

Teteh : ” Udah ibu tutup aja telinga yang sebelahnya rapet – rapet… saya mah sering begitu ntar juga semutnya kluar sendiri”.

Saya : (nurut) nutup telinga kanan (meski sambil sangsi).

Teteh : ( ceramah) itu kl (telinga)yang sebelah di tutup ntar binatangnya kegelapan trus dia nyari cahaya… jadi keluar deh. Bla bla bla….

Saya : ( pengen ngebantah plus ketawa) masa iya ( dalam hati)

Untung belum sempat keluar omongan, itu binatang sudah keluar….WHAT ????! Dan benar saudara – saudara yang keluar semut ( yg kecil banget lagi, semut bayi).

Teteh : “Tuh kan bener… semut kan…”. Sudah ya bu saya tidur dulu “.

Saya : Iya … makasih ya teh (silence….)

 

Meski ngga nerima argumentasinya tapi cara si teteh terbukti ampuh.

Subhanallah ilmu bisa datang kapan saja dari siapa saja. Alhamdulillah tambah ilmu, makasih ya teh.

 

Iklan

Officialy Ompong

Setelah otek beberapa hari lamanya, akhirnya gigi seri bawah Aura copot juga pada tanggal 5 Mei lalu.

 

 

gignya imut .....

gignya imut …..

 

 

Pada saat awal otek Aura sempat terkesan agak cemas, Dia menelpon saya sepulang sekolah dan mengadu bahwa gigi bawahnya goyang dengan nada yang sedikit ketakutan. Di telpon saya tanya, “apakah aura baru saja jatuh atau terbentur” ? “Dia bilang tidak dan meyatakan bahwa giginya otek begitu saja”. Sepulang kerja saya cek giginya dan saya beri penjelasan bahwa itu hal yang wajar terjadi di usianya. Ohya tak lupa saya tunjukan beberapa video di You tube yang berkaitan dengan gigi tanggal pada anak- anak.

Ada  satu video yang menarik perhatian aura dan ingin dicobanya. Karena saat menonton saya bercerita bahwa ketika kecil setiap gigi otek saya tidak mau ke dokter gigi dan lebih suka dipasangkan benang lau saya tarik – tarik sambil tiduran.

Syukur tidak harus pake proses seperti diatas, gigi aura tanggal dengan sendirinya 🙂 🙂

 

 

Oh ya sedikit informasi tentang gigi hasil penjelajahan saya di google :

Definisi :

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata (sumber mas wiki:http://id.wikipedia.org/wiki/Gigi)

Jenis :

Gigi

Pada manusia dapat ditemui 4 (empat) macam gigi yang terdapat pada mulut disertai dengan arti definisi dan pengertian yaitu :
1. Gigi Seri
Gigi seri adalah gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya.
2. Gigi Taring
Gigi taring adalah gigi yang memilki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya.
3. Gigi Geraham Kecil/ Molar
Gigi graham kecil adalah gigi yang punya dua akar yang berguna / berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya.
4. Gigi Geraham
Gigi geraham adalah gigi yang memiliki tiga akar yang memiliki fungsi untuk melumat dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.
Info lebih lanjut tentang Macam, Jumlah dan Waktu tumbuh dan tanggal gigi saya dapat dari blog dokter cantik disini

Macam Dan Jumlah Gigi
Secara garis besar, gigi itu ada dua macam yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu merupakan gigi yang tumbuh pada usia 6-30 bulan dan akan tanggal pada usia 6-12 tahun dan digantikan oleh gigi tetap.

image

Gigi susu terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham (molar) sehingga totalnya ada 20 gigi.

image

Pada gigi tetap terdapat 32 gigi, 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi geraham kecil (premolar), dan 12 gigi geraham (molar)*.

Kalau fungsi-fungsi dari berbagai bentuk gigi itu masih pada inget kan?
*Pelajaran SD*

Waktu Tumbuh Gigi Susu dan Gigi Tetap
Gigi itu tumbuh semacam ada urutannya. Untuk gigi susu yang paling pertama tumbuh adalah gigi seri rahang bawah sedangkan untuk gigi tetap gigi geraham yang paling pertama tumbuh. Periode gigi tetap dimulai sekitar 6-7 tahun, sayangnya saat umur segitu anak-anak kebanyakan masih belum telaten ngurusin giginya dan orang tua belum tentu peduli, jadi gak jarang gigi tetap ada yang udah keburu rusak pas masih SD. Sayang banget. 😥

image

Kalau lihat dari tabelnya sih Aura sesuai masa ya…

Meneruskan tradisi saya ketika kecil  yakni mengumpulkan gigi tanggal, saya juga menyimpan gigi aura dalam kotak sebagai kenang- kenangan.

Aura sempat protes karena ‘teteh’ di rumah keburu ngajarin dia kalau gigi bawah tanggal harus dilempar ke atas supaya tumbuh (mitos yg juga dulu saya lakukan siiih.hehe). Saya teteup kekeuh supaya giginya disimpan di kotak ( Hak prerogatif EMAK .wkwkw) Walaupun akhirnya koleksi gigi saya itu hilang entah kemana ketika pindahan rumah, well setidaknya kalau punya Aura hilang dia punya tulisan ini sebagai kenangan.

Selamat Ompong kakak…semoga gigi tetap yang tumbuh nanti sehat dan bikin kakak tambah cantik.

Satu step kehidupan lagi telah kau lewatin nak.. Alhamdulillah.